Kamis, 17 November 2011

Kerja Sambil Kuliah


Ade-ade yang saya les’I kadang tanya, “Kenapa mba Rea masih kuliah kok sambil ngelesi?”
Mungkin di pikiran polos mereka bertanya-tanya, apakah saya orang kurang mampu yang harus kuliah sambil kerja, atau saya orang yang kurang kerjaan jadi pake nyari kerja sambilan segala, hehe…
Iya, kenapa sih musti kuliah sambil kerja?
Emank kuliahnya ga keganggu?
Emank ga cape?
Emank butuh duit banget ya sampe harus kerja?
Itulah yang kadang-kadang mereka tanyain pada saya. Maklum banyak pertanyaan, karena saya ngelesi udah dari semester 3, dan sekarang uda semester 7, udah 2 tahun yah ngerasain susahnya nyari duit, ga kerasa, hee..
Pertama kali ngelesi semester 3 itu gara-gara my best priend, Zea. Dia udah ngelesi dari semester 2. Trus kami emank mulai deket pas semester 3 itu. Yauda, trus tanya-tanya ma dia, ngelesi itu gimana. Lalu saya mulai nyoba ngelesi karena menurut saya sekalian latihan ngajar, maklum lah, saya kan kuliah di pendidikan.
Hari pertama ngelesi , deg-deg-deg… takut ditanyain macem-macem ma muridnya. Murid pertama kelas berapa ya, uda lupa, hehe.. hari kedua, masih deg-deg.. hari ketiga, tinggal deg!! Haha… ya pokoknya mulai terbiasa ngadepin anak-anak. Mulai bisa nyari alasan kalo ga bisa jawab soal mereka, hoho…
So, setelah beberapa lama, hari semi hari berlalu………….
Uda 8 kali pertemuan. Saatnya gajia…. Hahaha… gaji pertama, berasa jadi orang paling kaya sedunia,  =)
Mau dibelanjain eman-eman, tapi akhirnya tetep abis buat beli-beli hal ga penting, =_=’
Uda tau duit, jadi ga bisa lepas dari kerja. Kalo ga kerja (baca: ga ada harapan dapet gaji), rasanya gimanaaa gitu.. hihi…
Ngelesi itu Cuma pas sore atau malem, jadi ga ganggu jam kuliah. Cape?? Iya dumt, namanya juga les private, door to door. Tapi dibawa enjoy aja. Kalau lagi males mah saya biasanya bayangin duit gajian ajah, semakin saya malas berangkat, semakin lama saya gajian, haha…
Kalau masalah butuh duit? Siapakah sih yang ga butuh duit? Hehe… tapi Alhamdulillah, Mamah sebenarnya sudah mencukupi semua kebutuhan saya. Seperti yang sudah saya katakan di awal, motivasi ngelesi pertama kali adalah untuk latihan ngajar, ngadepin soal-soal Fisika yang menurut saya tidak mudah. Tapi dengan sering ngelesi, saya menjadi semangat belajar lagi & sering ngerjain soal yang berbagai macam bentuknya.
“Semakin sering saya belajar, saya merasa bahwa saya masih bodoh =) “
Yaks, pertanyaan-pertanyaan di atas sudah terjawab ya. Sekarang saya mau berbagi tips dalam memilih jenis pekerjaan yang bisa sambil kuliah:
1.       Pilih pekerjaan yang tidak mengganggu jam kuliah
2.       Pilih pekerjaan yang waktunya  tidak mengikat, alias bisa ijin kapan pun (buat jaga-jaga aja misal lagi banyak tugas atau lagi cape)
3.       Pilih pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga, biar ga kecapean. Bukan maksudnya ga boleh kerja keras. Tapi tugas wajib kita adalah kuliah. Jadi boleh kerja keras untuk kuliah, tapi untuk kerja sambilan, ya  slow aja deh…hehe…
Ya itu tips-tips dari saya, semoga membantu bagi teman-teman yang pengen kerja sambil kuliah =))

1 komentar:

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Posting Komentar